Cara Mudah Memperbaiki speaker yang rusak bagian volume

7:56 PM

Cara memperbaiki speaker yang rusak memang tergolong mudah, itupun menurut para spesialis alias tukang service electronik, namun bagi kita yang memang awam dengan bahan onderdile elektronik, jelas hal tersebut tergolong menguras pikir dan yang tak luput bisa jadi menguras kantong dengan dalam. Padahal hanya sepele saja menurut orang yang paham, tapi bisa sepolo menurut yang awam. Nah disini kita akan sedikit membeberkan tentang cara yang mudah dalam memperbaiki speaker yang rusak, namun kali ini yang sampean baca pada bagian volumenya saja.

Speaker yang kita gunakan ulasan kali ini adalah sebuah speaker komputer,  di mana speaker komputer ini sebenarnya masih berfungsi namun dalam pengaturan volumenya sering bermasalah jika volumenya kita puter ke yang besar atau kecil maupun lirih itu sangat susah sekali karena dan kadang malah suaranya jadi hilang , Mungkin kita akan kerepotan dan bingung apa yang akan kita lakukan kali ini Sad smile, Janga sedih sahabat mas Galih tercinta, hal itu terjadi masalah pada potensiometer yang ada di dalam speakernya, ingat jangan speaker Mushola kamu copoti buat praktek lo ya….., untuk  posisinya pengatur Volume atau potensiometer nya speaker ini masih masih berfungsi dengan baik,  suaranya juga masih bagus Cuma yang bermasalah pada putaran yang kita bahas diatas tadi, Lantas apa yang harus kita lakukan , oke sobat semua untuk memperbaiki bagian volume speaker yang rusak tadi, yaipotensiometer Mati tu dengan cara kita mengganti potensiometer yang ada di dalamnya.  untuk potensiometer itu bisa didapatkan di toko toko elektronik terdekat , yang jelasnya dengan harga yang tidak akan sampai menjual tanah kuburan kok, biasanya untuk harga antara Rp. 2.000 sampai 2.500, di dalam artikel ini mas galih memakai potensiometer dengan ukuran b100k.


Untuk mencopotnya kita buka dulu ke casing dari speaker ini kita lepaskan keempat sekrup yang ada di belakang speaker.untuk alat yang kita butuhkan hanya obeng dan solder saja , jadi gak usah gunakan linggis maupun kapak dan cangkul, huh bisa berabe tu speaker agan. Nah bagaimana sobat bisa kan, jelasnya kalau kita bisa memperbaiki alat-alat elektronik di rumah kita sendiri-sendiri tentunya akan sangat menghemat biaya apalagi biaya servis atau kita memilih untuk membeli yang baru.

Untuk bagian dalam dari speaker posisi kita lepaskan dulu Posisi potensiometer  amati jangan sampek kliru , kita bisa melepaskannya dengan menggunakan solder,  nantinya akan kita ganti dengan potensiometer yang baru. Kalau sudah misalkan speaker sudah lama itu nanti lama kelamaan potensiometer nya akan TWS alias tewas, jadi perlu ada penggantian kita pasang yang baru di tempatnya semula kita akan pasang yang baru untuk pemasangannya kita tinggal ganti saja sesuai dengan ketika kita belum mencopot tadi sangat mudah bukan

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Aturan dalam komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • Salam dari Mas Galih